Ardyafani Webpage's











{November 29, 2011}  
10 Jalan Raya Unik dan Berbahaya di Dunia
Penulis :
10 Jalan Raya Unik dan Berbahaya di DuniaMonumental Axis — commons.wikimedia.org
BEBERAPAjalan raya mempunyai keunikan karena dibangun di wilayah yang tidak terbayangkan sebelumnya. Namun keunikan ini sekaligus bisa menimbulkan bahaya. Kami menyajikan sepuluh jalan raya yang unik dan berbahaya di dunia, yang dikutip dari beragam sumber.1. Jalan Raya Hana, Maui, Hawai

Jalan Raya Hana membentang sepanjang pantai timur laut Maui dan menjadi salah satu wilayah berkendara yang paling indah di dunia. Jalan raya sepanjang 109 kilometer ini menghubungkan penduduk Kahului dengan kota Hana. Jalan Raya Hana mempunyai lebih dari 54 jembatan (yang kebanyakan satu arah) hanya dalam 52 mil. Karena letaknya di pesisir maka jalannya dibuat berkelok-kelok. Sistem ini lebih murah dibandingkan harus menembus batu atau perbukitan untuk membuat terowongan. Memang jika membuat terowongan waktu tempuh menjadi lebih cepat, namun dengan keadaan yang berkelok-kelok dan sempit seperti ini justru membuat wilayah ini populer dengan pemandangan laut yang indah.

2. Passo dello Stelvo, Lombardy, Italia

Passo dello Stelvo adalah jalan beraspal di Pegunungan Alpen, Italia yang berada pada ketinggian 9.050 kaki (2757 meter). Jalan beraspal ini juga merupakan yang tertinggi di Alpen timur dan kedua tertinggi di Alpen. Jalan ini menghubungkan Valtellina dengan wilayah di atas lembah Adige dan Meran.

Passo dello Stelvo pertama kali dibangun pada 1820 oleh kerajaan Austria untuk menghubungkan bekas propinsi Austria, Lombardia dengan sisa Austria. Insinyur dan manajer proyek ini adalah Carlo Donegani (1775-1845).

3. Terowongan Guoliang, Hunan, China

Terowongan spektakuler ini adalah salah satu dari beberapa cara untuk sampai di desa Guoliang di propinsi Hunan, China. Sebelum terowongan ini dibangun, akses ke desa di dekat Guoliang sangat terbatas pada jalur yang sulit di pegunungan. Desa ini terletak di sebuah lembah yang dikelilingi gunung-gunung yang menjulang tinggi, terputus dari peradaban.

Pada tahun 1972 sekelompok warga desa yang dipimpin oleh Shen Mingxin memutuskan untuk mengukir jalan ke sisi gunung. Mereka mengumpulkan uang untuk membeli palu dan alat baja. Tiga belas warga desa memulai proyek ini. Terowongan mempunyai panjang 1,2 kilometer (0,75 mil) panjangnya, tinggi 5 meter (16 kaki) dan lebar 4 meter (13 kaki). Beberapa warga desa meninggal dalam kecelakaan selama konstruksi dan pada tanggal 1 Mei 1977 terowongan ini dibuka untuk lalu lintas.

4. Monumental Axis, Brasilia, Brasil

Jalan Tol besar ini melewati tenggara dan barat laut kemudian melalui jantung Brasilia, menyediakan akses ke beberapa pemerintahan negara yang paling penting termasuk lembaga keuangan dan budaya. Jalan raya ini dimulai pada Gedung Kongres Nasional Brasil dan dianggap bagian dari jalan-002 DF. Bagian pertamanya dikenal sebagai “Ministries Esplanade” (“Esplanada dos Ministérios”), karena dikelilingi oleh gedung-gedung kementerian. Jalan ini terdiri dari dua jalan dengan enam jalur di kedua sisi, dengan total dua belas jalur.

5. Atlanterhavsveien, More og Romsdal, Norwegia

Atlanterhavsveien lebih dikenal sebagai Jalan Atlantik yang merupakan hamparan 8,3 kilometer jalan di pantai barat Norwegia yang dibangun di beberapa pulau kecil dan pulau karang. Jalan Atlantik mempunyai 8 jembatan kecil unik yang menghubungkan gugusan pulau. Pekerjaan konstruksi jalan ini dimulai pada tanggal 1 Agustus 1983 namun baru dibuka tanggal 7 Juli 1989. Selama periode ini tidak kurang dari 12 badai angin topan menghampiri area ini.

6. Magic Roundabout, Swindon, Inggris

Magic Roundabout di Swindon, Inggris dibangun pada tahun 1972 dan terdiri dari lima bundaran mini yang diatur dalam lingkaran. Area ini terletak di dekat kota Ground, rumah dari Swindon Town FC. Nama jalan ini berasal dari serial televisi anak-anak populer The Magic Roundabout. Pada tahun 2009 Magin Roundabout terpilih sebagai persimpangan paling menakutkan keempat di di Inggris berdasarkan polling dari asosiasi keselamatan Inggris.

Ketika kompleks bundaran pertama kali dibuka, seorang petugas polisi ditempatkan di setiap bundaran mini untuk mengawasi bagaimana pengemudi dalam mengatasi pengaturan lalu lintas selama fase percobaan.

7. Highway 1, Eslandia

Highway 1 atau Ring Road merupakan jalan utama di Eslandia yang memutari seluruh wilayah Eslandia dan menghubungkan seluruh bagian negara yang berpenghuni. Jalan ini selesai dibangun pada tahun 1974 dan memiliki panjang sekitar 832 mil (1.339 kilometer).

Meskipun diaspal, beberapa bagian jalan masih asli tahun 1940-an dan mengandung bahaya seperti kurva buta dan bukit buta (blind hills), dan jembatan satu jalur. Di musim dingin, jalan bersalju dan angin dapat membuat perjalanan menjadi berbahaya. Dengan melewati jalan ini Anda bisa memutari Eslandia dan melihat pemandangan alam yang indah.

8. Jalan Raya Yungas, La Paz, Bolivia

Jalan Raya Yungas dibagi dua bagian yaitu utara dan selatan. Yungas utara memiliki panjang 61 atau 69 kilometer yang menghubungkan La Paz dan Coroico. Jalan yang berada di pinggri tebing yang curam ini juga disebut “jalan kematian” karena setiap tahunnya 200-300 orang meninggal di jalan ini. Yungas di sebelah selatan yang menghubungkan La Paz ke Chulumani juga mempunyai citra yang hampir sama dengan dengan sudaranya di utara. Jalan ini dibangun pada tahun 1930-an oleh tahanan Paraguay selama perang Chaco.

9. Jalan raya gunung berapi Capulin, Capulin, New Mexico

Jalan ini memiliki rute memutar dan naik menuju gunung Capulin yang berbentuk kerucut. Gunung yang sudah tidak aktif ini terletak di timur laut New Mexico dan pernah meletus sekitar 60.000 tahun lalu yang menghasilkan kawah besar. Jalan pertama yang mendaki gunung berapi ini selesai pada tahun 1925.

Jalan sepanjang 2 mil (3,2 kilometer) ini begitu sempit dan berliku. Semua lalu lintas harus berhenti ketika sebuah bus perjalanan naik ke atas atau turun ke bawah gunung berapi. Bahaya juga kerap mengintai karena banyak pagar pembatas yang hilang di sebagian besar rute.

10. Trollstigen, Rauma, Norwegia

Trollstigen merupakan sebuah jalan gunung di Rauma, Norwegia dan bagian dari Jalan Nasional Norwegia 63. Jalan ini menghubungkan Andalsnes di Rauma dan Valldal di Norddal. Ini merupakan atraksi wisata yang populer karena 9 persen lereng curam dan 11 tikungan pada sisi gunung yang curam. Trollstigen dibuka pada tanggal 31 Juli 1936, oleh Raja Haakon VII setelah 8 tahun konstruksi. Jalan menanjak sangat sempit dengan banyak tikungan tajam, dan meskipun telah meluas dalam beberapa tahun terakhir, kendaraan yang mempunyai panjang lebih dari 12,4 meter dilarang melewati jalan ini. Di bagian atas ada tempat parkir besar yang memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan mobil mereka dan berjalan sekitar 10 menit untuk melihat pemandangan jalan dengan tikungan dan air terjun Stigfossen. (*/OL-5)

Sumber dari : http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2010/05/10/697/1/10-Jalan-Raya-Unik-dan-Berbahaya-di-Dunia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

et cetera
%d bloggers like this: